Minggu, 16 Oktober 2011

Review,Microfinance

”Keuangan mikro” adalah penyediaan berbagai bentuk pelayanan keuangan -termasuk di antaranya kredit, tabungan, asuransi dan transfer uang- bagi orang atau keluarga miskin atau berpenghasilan rendah, dan usaha mikro mereka.
Definisi ini memberikan penekanan pada perluasan bentuk layanan keuangan yang sebelumnya lebih banyak diasosiasikan dengan kredit mikro saja, dan pada target pelayanan yaitu masyarakat miskin atau berpenghasilan rendah..

Ada dua ciri utama keuangan mikro yang membedakannya dari produk jasa keuangan formal, yaitu kecilnya pinjaman dan/atau simpanan, dan/atau tidak adanya jaminan dalam bentuk aset. Pelayanan keuangan mikro dapat diberikan oleh lembaga keuangan mikro, yaitu lembaga yang kegiatan utamanya adalah memberikan jasa keuangan mikro, lembaga keuangan formal yang mempunyai unit pelayanan keuangan mikro, program pembangunan atau program penanggulangan kemiskinan yang mempunyai komponen keuangan mikro, dan organisasi informal yang dibentuk oleh masyarakat sendiri.

Bagi  mereka kendala utama adalah kecilnya investasi dalam modal kerja, dan kredit mikro mengatasi kendala ini. kredit mikro adalah kredit kecil yang diberikan kepada klien oleh suatu bank atau lembaga lain.
Kredit mikro ditawarkan, seringkali tanpa agunan, untuk individu atau melalui kelompok
pinjaman. lembaga keuangan mikro (LKM)
adalah sebuah lembaga keuangan yang tidak mencari keuntungan,tetapi hanya lembaga keuangan resmi atau bank komersial yang menyediakan
produk keuangan mikro dan layanan untuk pelanggan
yang berpenghasilan rendah. .
definisi umum yang diberikan oleh ACCION International,  usaha mikro adalah "usaha kecil di sektor informal
. Contoh usaha mikro termasuk kios eceran kecil,
lokakarya menjahit, pertukangan toko dan kios pasar ".

Kredit Mikro dan keuangan mikro
Kredit mikro merupakan bagian dari bidang keuangan mikro. Kredit mikro adalah penyediaan
layanan kredit untuk pengusaha berpendapatan rendah, sementara keuangan mikro mencakup kredit,tabungan dan jasa keuangan semakin tambahan seperti asuransi dan uang
transfer 
keuangan mikro mencerminkan bahwa layanan tabungan bukan hanya pinjaman, tetapi meningkatkan kesejahteraan orang miskin bersama-sama dengan asuransi, membantu orang miskin untuk menstabilkan pendapatan dan melindungi terhadap risiko. Pelatihan bagi klien ', yang disediakan oleh beberapa LKM, diklasifikasikan sebagai layanan non-keuangan
dan merupakan alat dari kategori yang lebih luas
dalam pengembangan usaha mikro.


Usaha pembangunan mikro, keuangan mikro dan kredit mikro

 MICROENTERPRISE DEVELOPMENT:
Ø  MICROFINANCE              
       MICROCREDIT
       MICROSAVINGS
       MICROINSURANCE
       MONEY TRANSFER
(REMITTANCES)
Ø  NON FINANCIAL SERVICES
       TRAINING
       CONSULTING

Siapa Klien Keuangan mikro
Yang dikatakan klien dari keuangan mikro adalah "aktif secara ekonomis miskin" atau orang berpenghasilan rendah yang tidak memiliki akses ke lembaga keuangan formal. Klien harus memiliki peluang ekonomi dan keterampilan kewirausahaan sebagian  uang yang mereka terima tidak harus digunakan untuk konsumsi, tetapi untuk tujuan produktif. Ini adalah alasan mengapa
termiskin dari yang miskin, atau miskin, umumnya dikecualikan dari lingkaran
, keuangan mikro dan ditargetkan oleh program-program pembangunan lainnya. Sebagian besar program berfokus pada perempuan dan menggunakan tabungan berbasis kelompok dan pinjaman

Keuangan Mikro dan rentenir
Rentenir adalah pesaing yang lebih langsung dari LK
M.Kepentingan dibebankan hampir selalu jauh melebihi apa yang
dibebankan oleh LKM dan para peminjamnya tidak memiliki jenis perlindungan dari penyalahgunaan
perilaku, mis pinjaman kasar atau praktek pinjaman tidak adil.

Keberlanjutan keuangan
Untuk menjalankan usaha, lembaga keuangan dan pada umumnya semua perusahaan, perlu
diperlukan dana. Ini dapat muncul dalam beberapa cara berbeda: mereka dapat menerbitkan saham
(Apa yang secara teknis disebut ekuitas) atau akses apa yang disebut pembiayaan utang yang
biasanya dalam bentuk obligasi dan pinjaman dari lembaga keuangan lainnya. Bank dapat
kemudian mengumpulkan tabungan dari klien mereka. Sumber da
na tambahan dapat berasal dari sumbangan,hibah atau pinjaman lunak (pinjaman di bawah harga pasar). LSM keuangan biasanya bergantung pada subsidi donor dan tidak diizinkan untuk
mengumpulkan tabungan, Keberlanjutan keuangan adalah kemampuan penyedia keuangan mikro untuk menutupi semua biaya secara disubsidi. Menurut PBB
keberlanjutan
diperlukan untuk mencapai sejumlah besar orang secara berkelanjutan. Jika LKM tetap
bergantung pada pendanaan donor yang terbatas, mereka
 hanya akan dapat mencapai jumlah orang terbatas. Keberlanjutan keuangan  adalah  satu-satunya cara untuk mencapai skala yang signifikan.
Untuk menganalisis keberlanjutan LKM satu set rasio yang paling penting adalah Kecukupan Diri Operasional (OSS) dan Self Keuangan
Kecukupan (FSS).
Operasional dan Keuangan Kecukupan Diri  
Operasional Diri-Kecukupan (OSS) (%) =
     Biaya Operasi : Pendapatan operasi
Ini mengukur sejauh mana pendapatan operasional meliputi operasi
biaya. Jika angka yang dihasilkan lebih besar dari 100%, organisasi
bawah evaluasi dianggap operasional mandiri. Dalam
keuangan mikro, lembaga operasional berkelanjutan mampu menutupi
biaya mereka  melalui pendapatan operasi.
Keuangan Diri-Kecukupan (FSS) (%) =
    Pendapatan operasi Disesuaikan : Beban Operasional    Disesuaikan
Ini mengukur sejauh mana pendapatan operasional disesuaikan  meliputi
operasi biaya. Penyesuaian usaha untuk menunjukkan bagaimana keuangan
LKM akan terlihat pada dasar tanpa subsidi. FSS menunjukkan
bagaimana sebuah LKM akan terlihat jika dibesarkan
dr dana secara komersial
dan jika jasa atau peralatan telah dibeli pada harga pasar dan
tidak diterima sebagai sumbangan
.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar